Skip to main content

Merancang kamar mandi yang aman dan modern bagi lansia

Merancang kamar mandi yang aman dan modern bagi lansia - Kamar mandi sebagai salah satu tempat penting yang sering dikunjungi untuk melakukan aktivitas bersih-bersih badan dan membuang kotoran dan sebagainya. Kamar mandi identik dengan tempat yang licin dan trauma bagi orang tertentu terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut (lansia), dan orang yang sedang sakit. Desain sebuah ruangan untuk merawat tubuh yang aman dan nyaman bagi manula secara umum (secara khusus buat orang tua) perlu diperhatikan dan menjadi prioritas.

Sebenarnya tidak hanya keluarga yang berusia lanjut saja diperlukan sebuah cara pengamanan khusus, namun sebaiknya kita juga yang masih tergolong muda. Namun secara umum, keluarga atau kerabat yang telah lanjut usia agak kesulitan dalam pengawasan terhadap diri mereka sendiri, sensor gerak dan keseimbangan tubuh sudah berkurang. Oleh karena itulah diperlukan cara atau alat khusus untuk melindungi dan menjaga mereka agar lebih aman dari bahaya mobilitas dan luka ketika keluar masuk kamar mandi.
Merancang kamar mandi yang aman dan modern bagi lansia
Ilustrasi kamar mandi untuk orng tua
Image by: homeworkshawaii.com

Kendala kamar mandi bagi lansia

Perlu diketahui bahwa keluhan dan kesulitan yang sering terjadi bagi lansia ketika memasuki kamar mandi adalah:
  1. Lantai kamar mandi yang licin dan ini sangat berbahaya bagi mereka sebab akan mengakibatkan tergelincir dan terjatuh.
  2. Bahaya ini harus diantisipasi dengan mengganti lantai yang kasar dan tidak licin.
  3. Rak handuk yang terlalu tinggi sehingga sulit dijangkau oleh manula.
  4. Kursi atau tempat duduk untuk shower yang licin juga cukup berbahaya bagi mobilitas orang tua.
  5. Kursi toilet yang terlalu rendah dan mereka akan kesulitan ketika akan duduk.
  6. Lampu yang redup yang menghalangi orangtua untuk melihat sesuatu di kamar mandi.

Tips aman kamar mandi buat manula

Silakan terapkan beberapa tips berikut untuk merancang kamar mandi yang aman bagi orang tua yang telah lansia.
  1. Tindakan pencegahan dari bahaya jatuh
    Pasang pegangan (Grab Bar) pada tembok yang berdekatan dengan kloset atau shower untuk membantu lansia yang memiliki kesulitan untuk mengatur kesimbangan tubuh, sehingga mereka terhindar dari bahaya terjatuh. Usahakan memasang pegangan ini di beberapa tempat yang penting untuk pegangan lansia ketika bergerak dan berjalan di kamar mandi.
    pegangan buat kamar mandi
    Contoh pegangan di kamar mandi, image by: pinterest.com
  2. Pasang kursi mandi jika perlu berdekatan dengan bak mandi atau dekat shower agar mereka dapat bertahan mandi lebih lama untuk membersihkan tubuh dari semua kotoran yang menempel. Pilih kursi yang nyaman dipakai untuk mandi dan carilah yang berbahan stenlis atau kayu kuat dan usahakan pasang karet di bagian kaki kursi sehingga tidak mudah bergeser.
  3. Usahakan meletakkan gantungan handuk atau tissue tidak terlalu tinggi dan berdekatan dengan kloset atau bak mandi sehingga mereka lebih mudah ketika hendak mengambilnya.
  4. Pasang lampu yang terang di kamar mandi dan usahakan agar lampu tetap menyala atau seketika menyala ketika masuk ke kamar mandi. Sehingga lansia tidak sibuk untuk menyalakan lampu saat hendak mandi.
  5. Pasang karpet yang terbuat dari karet dekat pintu kamr mandi dan beberapa tempat yang dianggap rawan terhadap licin.
  6. Pilih dan pasang keramik lantai yang benar-benar keset/tidak licin untuk kamar mandi.
  7. Pilih keramik dinding yang tidak glossy sehingga akan menyebabkan silau bagi manula ketika hendak mengambil sesuatu seperti sabun, sikat gigi dan sejenisnya. Pasanglah keramik yang bermotif matte tiles (tidak mengkilap), dan warna cat tembok juga penting untuk dipertimbangkan.
  8. Usahakan segala sesuatu lebih mudah dijangkau oleh lansia ketika di kamar mandi. Sehingga tidak harus membungkuk atau berdiri menjinjit ketika hendak mengambil shampoo atau sabun dan sejenisnya.
Merancang dan membuat kamar mandi aman untuk orang tua yang telah lansia tidak harus seperti gambar yang memiliki fasilitas mewah. Itu hanya ilustrasi saja, dan pada pelaksanaannya harus disesuaikan dengan anggaran dan kemampuan finansial Anda. Hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara kita menghormati, menjaga orang tua atau kerabat yang telah berusia lanjut dengan memberikan pelayanan terbaik buat mereka sesuai dengan kemampuan masing-masing.


Demikian tips mudah merancang kamar mandi aman untuk orang tua yang sudah lanjut usia. Dengan menambahkan beberapa tindakan pengamanan yang lebih ekstra di rumah dan khususnya di kamar mandi maka insyaallah akan memudahkan orang tua atau kerabat yang telah berusia lanjut ketika beraktivitas di kamar mandi. Namun kita yang lebih muda harus tetap menjaga dan mengawasi mereka dari bahaya apapun dan juga ketika hendak ke kamar mandi. Semoga bermanfaat. (https://www.ahs.com/home-matters/lifestyle/how-to-make-bathroom-safe-for-elderly)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar