Skip to main content

Cara pemasangan bondek dan wiremesh

Cara pemasangan bondek dan wiremesh - Judul artikel ini saling berhubungan antara kedua benda ini, yaitu bondek dan wire mesh. Kenapa demikian karena kedua material bangunan ini berkaitan dengan pekerjaan konstruksi yang sangat penting dan menentukan kualitas bangunan terutama cor dak beton bertulang.

Kedua hal ini dilakukan beriringan dan saling menguatkan satu sama lainnya. Bondek tanpa wiremesh akan sulit untuk memperoleh sebuah cor dak yang kokoh.

Contoh bondek untuk plat dak
Sumber gambar: youtube.com
Tapi ini bukanlah suatu hal yang salah jika hendak memilih material lainnya seperti mengganti bondek dengan multiplek dan papan cor. Atau lebih memilih besi behel (misalnya keluaran Krakatau Steel-KS) dengan merangkai sendiri dengan kawat ikat sebagai pengganti wiremesh. Tidak masalah.

Mengapa memilih bondek

Bondek telah dikenal di Indonesia sejak dasa warsa terakhir dan dipakai untuk lapisan dasar cor dak. Material ini terbuat dari bahan galvanis dan bentuknya mirip dengan spandek atau seng alkan. Berikut ini beberapa alasan mengapa bondek disukai oleh konsumen sebagai material untuk membuat dak:

  1. Bondek sangat bermanfaat untuk wadah dan penahan beban adukan cor yang sangat baik, tidak bocor, dan dapat dipakai sebagai plafon dengan bentuk gelombang ketika coran telah mengering dan dibuka penopang bekisting-nya.
  2. Penggunaan bondek sebagai material pelapis dasar cor beton bertulang tidak perlu dilepas penggunaannya setelah cor dak selesai. Bahkan material ini dapat dipakai sebagai plafon bergelombang. Hal ini akan menghemat penggunaan bahan plafon dan cat untuk bangunan tertentu, seperti gedung sekolah, kantor, minimarket dan sejenisnya.
  3. Bondek dapat menghemat waktu pekerjaan pembuatan bekisting. Ukurannya yang lebar ringan sehingga mudah ketika memasang lantai bekisting.
  4. Menghemat penggunaan perancah/penahan jika dibandingkan menggunakan bekisting kayu.
  5. Menurut penelitian, penggunaan bondek dapat menghemat volume cor beton hingga 15%.
  6. Sangat cocok untuk dipakai bersamaan dengan tiang dan balok dengan besi H.
  7. Kemudian, bondek sangat cocok digunakan sebagai konstruksi bangunan dengan besi H.

Setelah mengetahui kelebihan dari bondek sebagai pengganti bekisting kayu dalam struktur bangunan, meskipun ada kekurangannya namun tidak sebanyak kelebihan yang diberikan oleh bondek. Selagi kekurangannya masih dapat ditanggulangi, maka penggunaan bondek lebih disarankan dengan mengacu pada kelebihan yang diberikan.

Cara pasang bondek dan wiremesh

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari bondek dalam struktur bangunan, maka kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memasang bondek dan wire mesh. Cara pemasangan kedua meterial tersebut akan dijelaskan secara beriringan, karena proses pemasangan wiremesh akan dilakukan setelah instalasi bondek selesai dengan sempurna.

Penggunaan bondek sendiri telah mulai ramai sejak tahun 2010-an setelah mengetahui cukup banyak kelebihan bondek sebagai penganti kayu dan triplek pada struktur beton bertulang, untuk mencetak lantai beton (dak) dengan waktu pengerjaan yang lebih singkat dari bekisting konvensional.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang sebenarnya juga masih menggunakan kayu dan triplek sebagai kotak balok tumpuan. Hanya saja penggunaan kayu dan triplek tidak sebanyak jika menggunakan bekisting konvensional. Kotak balok dan kotak kolom tidak bisa digantikan dengan bondek, kedua bagian ini masih menggunakan triplek atau sejenisnya sebab bentuknya yang simetris dan dapat dipastikan bentuknya kotak.

Nah, apa saja keperluan yang biasa digunakan untuk membuat balok dan kolom tiang. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan guna memasang bondek dan wiremesh yang akan dipasang menyusul setelah bekisting balok dan structural floor decking (struktur plat lantai) (sumber: http://www.niagabaja.com/2017/01/cara-pemasangan-bondek-floordeck.html) selesai.

  1. Papan triplek 15mm atau 18mm dengan ukuran luas standar.
  2. 2Paku 3, 5, 7 inch.
  3. Kawat bendrat
  4. Lembaran bondek dengan ketebalan 0,75mm
  5. Wiremesh besi ulir atau yang polos dengan tipe > M-8
  6. Peralatan pertukangan untuk mengerjakan material ini, seperti: Gergaji kayu baik mesin atau manual, gergaji besi, tang dan ukul besi, meteran ukur, benang tukang, waterpass (sifat air) atau selang timbang, pensil atau spidol. (http://www.signalreadymix.co/blog/begini-cara-memasang-bondek-yang-benar)

Adapun cara memasang bondek dan wiremesh sebagai berikut:


  1. Membuat bekisting kolom dengan triplek sesuai ukuran yang telah ditentukan dalam gambar dan ukuran kolom yang diinginkan. Gunakan penyekat dari kaso atau sento ukuran 5x5cm atau 5x7cm sehingga bekisting tidak jebol saat proses pengecoran. Kemudian dicor terlebih dahulu kolomnya.
  2. Kadangkala tingginya tiang penyangga atau kolom tidak sama, sehingga masih perlu membuat kotak kolom susulan di atasnya untuk menyamakan tinggi kolom atau tiang selain untuk penyangga dan perekat balok.
  3. Membuat kotak untuk balok sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Gunakan papan dan triplek dan usahakan proses pemakuan rapi dan rapat untuk menghindari kebocoran saat pengecoran. Sebagai penunjang bisa menggunakan perancah kayu gelam, bambu, atau scaffolding.
  4. Pembuatan balok ini dapat dilakukan bersamaan dengan pengecoran lantai dak atau dicor terlebih dahulu. Silakan pilih mana yang lebih mudah.
  5. Setelah balok siap, pasang bondek di atas balok, dan gunakan shear stud sebagai penutup ujung bondek. Gunakan perancah kayu atau scaffolding di bawahnya untuk menunjang plat bondek agar tidak lentur dan jebol saat ditimpa adukan cor.
  6. Selanjutnya membentangkan wiremesh sebagai tulangan lantai dak.
  7. Ukur panjang bidang yang akan dicor dan bentangkan wiremesh sesuai keperluan, jika berlebih atau terlalu panjang, maka potong dengan gunting besi atau gerinda pemotong besi. kaitkan pada besi kolom secara teliti, karena ini adalah salah satu kunci kekuatan dak beton. Ikat dengan kawat bendrat dan kencangkan.
  8. Setelah semua bagian terkunci dan rapat, tutup bagian samping/luar dengan triplek setinggi plat cor antinya (biasanya 11-12cm).
  9. Anda bisa menggunakan bondek tanpa melepasnya setelah adukan cor kering selamanya dan material ini dapat dipakai sebagai plafon sekaligus.
  10. Namun jika suatu saat ada keinginan dari Anda untuk memasang plafon di bawah deck, maka sebaiknya sebelum pengecoran, semua bagian plat di pasang gantungan untuk tulangan/kerangka plafon dengan menggantungkan besi kecil beberapa titik pada dak.

Demikian semoga cara memasang bondek dan wiremesh ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar