--> Skip to main content

Cara memasang batu alam di carpot

Cara memasang batu alam di carpot  - Carpot merupakan bagian penting dari sebuah rumah, biasanya digunakan untuk tempat santai dan duduk-duduk dengan keluarga ketika waktu senggang. Meskipun telah dipasang atap, kadangkala bagian ini masih basah jika hujan akibat hembusan angin. Pemilihan jenis lantai untuk carpot (teras) sangat menentukan kenyamanan dan keamanannya.

Anda bebas memilih jenis lantai untuk menghias carpot, sebagai catatan bahwa penggunaan jenis lantai dengan motif yang kasar adalah pilihan bijak agar lantai tidak licin jika dalam kondisi basah. Mengapa batu alam digunakan sebagai salah satu pilihan, sebab kebanyakan batu alam bermotif kasar atau tidak licin, serta lebih cenderung natural. Ini hanya sebagai contoh saja dan saya tidak mengharuskan penggunaan batu alam sebagai lantai karpot, masih banyak jenis lantai lainnya seperti keramik, granit, marmer.

Corak batu alam
Gambar oleh: pixabay.com

Memasang batu alam pada lantai carpot


  1. Ukur luas carpot, dengan mengalikan panjang dan lebarnya. Hal ini harus diketahui untuk menghitung jumlah batu alam. Di toko material, batu alam biasanya dijual dalam ukuran meter persegi, kecuali batu alam yang bersifat ornamen, dijual dalam hitungan unit.
  2. Anda bisa gunakan koral sikat sebagai variasi pada bagian tengahnya. Koral sikat ini dapat juga beli dalam bentuk rangkaian siap pasang, atau merangkai sendiri sesuai dengan selera Anda.
  3. Pilih batu alam dengan motif yang datar atau rata, namun tetap dalam kondisi kasar. Misalnya dalam ukuran 20 cm x 40 cm.
  4. Rendam batu alam sehari sebelum pemasangan dilakukan. Hal ini berguna untuk menambah daya rekat batu alam ke dasar lantai.
  5. Siapkan alat sebagaimana memasang batu alam pada dinding dan keramik.
  6. Sehari sebelum pemasangan lantai harus dicor terlebih dahulu menggunakan adonan 1 bagian semen : dua bagian pasir dan 2 bagian koral. Usahakan level lantai diukur ketinggiannya menggunakan selang air atau waterpas.
  7. Selanjutnya siapkan adonan 1 bagian semen dan 2,5 bagian pasir. Adonan ini tidak boleh terlalu basah jika ketebalan diatas 3 cm. Namun jika ketebalan adonan untuk dasar batu alam tidak melebihi 3 cm tidak mengapa dibuat basah, namun tidak becek.
  8. Ukur panjang dan lebar carpot, tentukan titik tengah sebagai pedoman dasar pemasangan, jika pada tengah carpot akan dipasang ornamen dari koral sikat atau sejenisnya.
  9. Timbang ketinggian menggunakan selang ukur atau waterpas sehingga lantai batu alam rata. Pasang benang sebagai batas dan petunjuk pemasangan. Ketebalan adukan dasar batu alam sebaiknya tidak lebih dari 3 cm.
  10. Hamparkan adonan ke lantai, ratakan dengan gosokan kayu, dibawah benang, kira-kira nanti jika telah dipasang batu alam, sisi atas batu alam rata dengan benang.
  11. Olesi permukaan bawah batu alam dengan acian sebagai perekat, letakkan di atas adukan satu persatu dengan melihat benang sebagai pedoman. Tekan batu alam menggunakan palu karet agar padat dan merekat pada dasar adukan.
  12. Setelah selesai satu baris, pindahkan benang ke baris berikutnya dan baris adonan, ratakan kemudian tempelkan kepingan batu alam di atasnya seperti pada tahap sebelumnya.
  13. Pada bagian pinggir yang bersinggungan dengan ornamen bagian tengah dipotong menggunakan angel grinder dengan mata potong khusus granit atau batu alam.
  14. Jika telah selesai pemasangan batu alam, selanjutnya memasang koral sikat atau ornamen pada bagian tengah yang telah disediakan ruangan dengan ukuran yang pas dengan koral sikat atau ornamen. Cara pemasangannya sama, namun harus memperhatikan ketebalan ornamen atau koral sikat, karena biasanya ukuran ketebalannya berbeda dengan batu alam.
  15. Tahap selanjutnya adalah membersihkan sisa adonan atau semen yang masih menempel pada permukaan batu alam, menggunakan sapu dan spoons. Isi nat menggunakan semen PC, sebelum kering harus langsung dibersihkan dengan air menggunakan kuas, kemudian dikeringkan dengan spoons.
Selesailah sudah memasang batu alam di lantai carpot, Anda dapat menambahkan warna mengkilap dan transparan menggunakan cat khusus batu alam, sehingga hasilnya lebih sempurna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar