Cara memasang lampu hias pada plafon

Cara memasang lampu hias pada plafon - Lampu hias yang tergantung di plafon baik di rumah, hotel dan tempat pertemuan lainnya, selain berfungsi sebagai penerangan atau cahaya, juga akan menambah kesan elegan atau mewah meskipun sekedar lampu hias dengan model atau bentuk sederhana.

Beragam lampu hias tersedia di toko peralatan listrik bahkan tersedia juga di toko supermarket bangunan di kota Anda. Dijual dengan bermacam bentuk, warna, ukuran dan harga yang sesuai dengan anggaran yang tersedia. Anda dapat memasangnya di ruang tamu, ruang keluarga, teras, atau kamar.
Memasang lampu hias
Lampu hias
Gambar oleh: dearkeaton.com

Tips dan cara praktis memasang lampu hias

Pembaca dekorumahq.com, kali ini penulis akan menjelaskan secara ringkas beberapa tips dan bagaimana sih memasang lampu hias yang menggantung di plafon?
  1. Pilih lampu yang sesuai dengan tema rumah Anda, jika rumah Anda bertema minimalis atau hendak membuat kesan minimalis, maka pilih lampu dengan model kotak atau persegi, jika terpaksa memilih bulat, maka usahakan ukuran lampu tidak terlalu besar.
  2. Sebelum membeli lampu, sesuaikan pula dengan ukuran ruangan. Sebaiknya tidak membeli lampu terlalu besar sebab akan mempersempit ruangan.
  3. Tentukan pula jumlah bola lampu yang akan dipasang di ruangan. Pilih yang berwarna terang untuk ruang tamu, dapur, teras, dan kamar. Anda dapat juga memilih lampu kombinasi terang dan redup dalam satu rangkaian lampu, atau memisahkan kedua jenis lampu di tempat yang berbeda.
  4. Setelah memperoleh lampu yang tepat dan Anda idamkan, saatnya memasang lampu dengan menyewa seorang tukang lampu/listrik atau memasang sendiri.
  5. Baca buku petunjuk lampu pada kotak lampu jika ada.
  6. Siapkan gantungan pada rangka plafon terutama untuk lampu gantung atau tempel dengan beban yang berat. Hal ini berguna agar lampu tidak terjatuh akibat lepas dari pegangan plafon akibat papan plafon jebol menahan beban yang cukup berat. Gantungan dapat berupa besi holow (kerangka plafon), besi behel, atau potongan baja ringan (reng taso atau lainnya). Jika kerangka plafon terbuat dari bahan kayu, maka gantungkan kawat dengan paku yang bertumpu pada kerangka kayu atau langsung dikaitkan ke kuda-kuda jika bobot lampu hias gantung lumayan berat.
  7. Pasang lampu dengan merakitnya di bawah terlebih dahulu, lakukan pengetesan dengan menyambung dengan api listrik dan pasang beberapa bola lampu. Jika telah benar, lepaskan bola lampu dan putuskan arus litrik tadi.
  8. Pasang pengaitnya, baik itu persegi panjang atau bulat pipih. Gunakan sekrup pengikat yang telah tersedia di kotak lampu.
  9. Pasang lampu, lakukan berdua menggunakan bangku atau tangga aluminium.
  10. Kencangkan seluruh baut, pasang semua aksesoris lampu dan bola lampu.
  11. Sambungkan arus listrik ke lampu hias dan coba hidupkan dengan saklar.
Demikian tips dan cara mudah memasang lampu hias pada plafon baik di ruang tamu, dapur ataupun teras dan kamar tidur. Silakan dicoba untuk memasng sendiri atau dengan bantuan seorang teman. Semoga berhasil. Good Luck...

3 Komentar untuk "Cara memasang lampu hias pada plafon"

  1. you are in point of fact a good webmaster. The site loading pace is amazing.
    It seems that you're doing any distinctive trick. Furthermore, The contents are
    masterwork. you have performed a wonderful process on this
    subject!

    BalasHapus
  2. Normally I do not read article on blogs, but I would like to say that this write-up very compelled
    me to take a look at and do so! Your writing taste has been amazed
    me. Thanks, quite nice article.

    BalasHapus
  3. Pⅼease let me know if yoᥙ're looking for a article autһor for
    your weblⲟɡ. You have some really ɡreat articles and I feeⅼ I would be a good asset.
    If you ever want to takе some of the load օff, I'd abѕolսtely love to write some
    material for yoսr blog in exchange for a link back to
    mine. Please blast me an e-mail if interested. Many thanks!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel